cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
jurnalpgsd.up@gmail.com
Phone
+6282165028412
Journal Mail Official
jurnalpgsd.up@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai No 23 Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
ISSN : 2655710X     EISSN : 26556022     DOI : https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4136
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning models, learning methods and learning media in education.Journal of Review of Education and Teaching (JRPP) is published four times a year in March June September and December. As our commitment to the advancement of science and technology, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) follows an open access policy that allows published articles to be available for free online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 313 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024" : 313 Documents clear
PROGRAM BELAJAR BLENDED DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING PADA PROGRAM MBKM DI PT SEMESTA INTEGRASI DIGITAL Natasya Meifiani; Eko Cahyo Mayndarto; Winaria Lubis
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.19425

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mahasiswa agar mampu membuat program belajar yang berintegrasi digital dengan memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan program belajar blended yang dapat diakses dengan mudah pada LMS Karier.mu dengan topik materi model pembelajaran kooperatif yang dapat diimplementasikan oleh guru didalam kelas untuk menghendaki keberagaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan guru dapat dengan mudah mangakses program belajar blended pada LMS Karier.mu dan topik materi yang disajikan berupa beragam berbagai aktivitas pembelajaran baik yang berbentuk materi infografis, power point interaktif menggunakan canva, video, animasi pembelajaran, maupun mentimeter untuk mengukur tingkat pemahaman.
RELIABILITY AND STRUCTURAL EQUATION MODELLING UNIT OF MICRO-SMALL ENTREPRENEURSHIP IN THE DEVELOPMENT TOURIST DESTINATION CENTRAL TAPANULI Toga Mahaji; Angelia Utari
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.19510

Abstract

Tujuan Besarnya potensi wisata bahari di Tapanuli Tengah, khususnya di Kabupaten Pandan, dapat menjadi landasan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan wisata tersebut. Penelitian ini menyelidiki berbagai faktor untuk mengidentifikasi strategi yang efektif untuk pengembangan UMKM di destinasi wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah 140 pelaku usaha UMKM dan wisatawan sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran, termasuk penggunaan data kuantitatif yang didukung data kualitatif. Metode khusus penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan: aspek destinasi dengan nilai 0,940, partisipasi pariwisata dengan nilai 0,965, dan dukungan pemerintah dengan nilai 0,980. Dengan menggunakan model persamaan struktural, hasilnya menunjukkan bahwa dimensi-dimensi seperti pelaku usaha, partisipasi pariwisata, motivasi, dan dukungan pemerintah mempunyai pengaruh yang dapat dipercaya terhadap dimensi-dimensi potensi, yang pada akhirnya membentuk perkembangan pariwisata. Aspirasi agar wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan yang diberikan oleh UMKM untuk tumbuh secara global menuju pembangunan berkelanjutan.
ANALISIS IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS PROGRAM PEJUANG SUBUH DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU Reszha Rozhiqkha; Arina Restian; Rissana Aprilia
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.21643

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan representatif dari pendidikan karakter. Ini merupakan bentuk upaya pemerintah dan sekolah untuk bersinergi membentuk, menanamkan, dan mengembangkan nilai kebaikan yang berpedoman pada norma yang ada sejak dini melalui lembaga sekolah. Terdapat 6 elemen yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila pada pelaksanaan program sholat subuh berjamaah di SD Muhammadiyah 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dengan teknik wawancara dan observasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pamong SD Muhammadiyah 4 Batu. Hasil penelitian menunjukkan dalam program subuh berjama’ah terdapat dua elemen Profil pelajar Pancisila yang muncul, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia dan Mandiri. Program ini dilaksanakan oleh guru dan peserta didik kelas 4-6. Pejuang subuh dirancang sebagai usaha sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik sejak dini yang membutuhkan konsistensi dan kerja sama dengan orang tua dalam mendukung terlaksananya program pejuang subu secara berkelanjutan.
ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 BATU Dayinta Dhety Parahita; Arina Restian; Rissana Aprilia Rohma
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.21645

Abstract

Siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda dalam belajar, sehingga hal ini penting bagi guru mengetahui gaya belajar siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang gaya belajar siswa ketika mempelajari mata pelajaran PPKN. Gaya belajar adalah suatu bentuk pembelajaran yang sangat penting sesuai dengan karakteristik siswa, sangat penting bagi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, siswa lebih mudah memotivasi dirinya untuk belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber daya. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penyajian data dan inferensi. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu, pembelajaran PPKN mempunyai beberapa karakter yang terdiri dari karakter 47% materi visual mempunyai sifat visual yaitu dapat dipahami ketika siswa mendapat tugas membaca untuk memecahkan masalah pembelajaran secara efektif dan tertulis , Adapun siswa yang memiliki gaya belajar auditori sebanyak 33%, mereka lebih banyak memahami ketika guru membacakan soal, dapat meneruskannya secara lisan dan lebih memahami informasi yang diperoleh dari hasil pekerjaannya ketika guru menjelaskan materi secara lisan. Selanjutnya Gaya belajar dengan ciri kinestetik bahkan terdapat 20% siswa lebih memilih menyelesaikan soal secara online kelompok, mereka tidak bisa fokus memecahkan masalah ketika harus duduk diam untuk waktu yang lama. Hasil penelitian membuktikannya Siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu mempunyai gaya belajar yang berbeda meliputi belajar visual, auditori, kinestetik dan gaya belajar yang paling dominan adalah Gaya belajar visual.
ANALISIS LITERTASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN SYNECTICS PADA MATERI SATUAN TIDAK BAKU PADA ANAK KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU Salma Talenta Anggraini; Arina Restian; Mariyani Mariyani
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.21653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal literasi matematika siswa, efektifitas pembelajaran Synectics materi satuan tidak baku serta kemampuan literasi matematika setelah mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan sinektik. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 4 Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menungjukkan bahwa kemampuan literasi matematika sebelum diadakannya penelitian masih sangat rendah dan setelah dilakukannya penelitian mengalami peningkatan yang signifikan. Pendekatan pembelajaran sinetik yang dilakukan sebegai bentuk perlakuan terhadap siswa memiliki kefektifan yang cukup baik terbukti dengan perubahan pendekatan pembelajaran menjadi pendekatan sinetik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa
ANALISIS BIBLIOMETRIK MANAJEMEN RISIKO KREDIT Mochamad Ronald Dian; Fitriana Fitriana; Rachmat Agus Santoso
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.22305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi struktur manajemen risiko kredit yang berkembang saat ini dan mencari tahu Penulis yang paling banyak mempublikasikan artikel dan di sitasi, Negara mana yang paling banyak menghasilkan artikel tentang manajemen risiko kredit, Institusi mana yang paling banyak menghasilkan dan di sitasi. Metode analisis penelitian ini menggunakan pendekatan analisis bibliometrik VOSviewer dengan database Scopus sejumlah 140 artikel yang diterbitkan dari tahun 1998-2022. Cihak M & Hesse H menjadi penulis yang paling banyak dikutip sebanyak 464 kutipan dengan jumlah artikel sebanyak 1 artikel dan Masayasu Kanno merupakan penulis yang menghasilkan artikel terbanyak dengan sitasi sebanyak 8 kutipan. (2) United State menghasilkan 12 artikel dengan jumlah sitasi sebanyak 570 kutipan. (3) instituto politécnico nacional, Mexico merupakan institusi yang paling banyak menghasilkan artikel tentang manajemen risiko kredit sebanyak 2 artikel dan di sitasi sebanyak 4 kutipan. penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dan memungkinkan wawasan baru tentang manajemen risiko kredit yang telah berkembang pesat.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA DI SMPN 3 SEMPU SATU ATAP Hanif Al Amri; Adinda Nina Eka; Syalung Herlina; Bambang Supriadi; Yuli Kurniawati
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.22418

Abstract

Saat ini pemahaman siswa terkait pelajaran IPA terutama fisika sangat kurang. maka penelitian ini, tujuannya adalah untuk memulai apakah penggunaan media pembelajaran IPA berbasis komputer pada materi hukum Newton dapat meningkatkan literasi sains siswa di SMPN 3 Sempu Satu Atap.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and development (R&D). Penelitian ini, peneliti merancang produk berupa media pembelajaran berbasis komputer yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, kebutuhan literasi sains, dan juga materi hukum Newton yang kemudian dibandingkan hasilnya dengan media pembelajaran hukum newton biasa atau analog. Dan hasil yang diperoleh yaitu tidak ada siswa yang tidak paham mengenai konsep materi baik pada kelompok kontrol maupun eksperimen. Sehingga pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ini memiliki pengaruh yang tinggi untuk meningkatkan literasi sains siswa agar mereka lebih mengutamakan sikap ilmiah dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dialami di lingkungankesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa yang menggunakan media pembelajaran komputer lebih efektif dalam meningkatkan literasi sains.
PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS DARUL AMIN PALANGKA RAYA Atiah Atiah; Santiani Santiani; Muhammad Fuad Ikhwansyah
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.22584

Abstract

Pendidikan karakter menjadi perhatian utama saat ini karena rendahnya karakter siswa. Pendidika karakter secara umum telah dilaksanakan diberbagai sekolah karena telah ada dalam kurikulum. Namun evaluasi terhadap pendidikan karakter masih sangat terbatas karena keterbatasan alat evaluasi. Tujuan penulisan artikel ini adalah mengkaji pelaksanan evaluasi pendidikan karakter di MTs Darul Amin Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di MTs Darul Amin Palangka Raya. Hasil dari penelitian yang diperolah adalah bahwa penerapan pendidikan karakter di MTs Darul Amin termuat dalam semua mata pelajaran yang ada baik dari ranah metode maupun strategi pembelajaran. Pendidikan karakter juga dilakukan melalui pembiasaan tingkah laku oleh semua warga sekolah. Pendidikan karakter diterapkan melalui bentuk pembiasaan-pembiasaan dan keteladanan nilai karakter jujur, religius, disiplin, toleran, kreatif, bekerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta damai, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan rasa tanggungjawab. Namun pelaksanaan evaluasi tentang pendidikan karakter yang telah dilakukan masih sangat terbatas. Evaluasi karakter hanya melalui observasi oleh guru kelas dan mata pelajaran yang belum dilakukan secara tertulis. Hal ini membuat pendidikan karakter belum dapat dievaluasi pengaruhnya terhadap karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan untuk membuat alat evaluasi karakter yang dapat digunakan guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VI UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS Aqilah Salsabila; Nur Fitrah Julianti Patta; Mufidatul Asmi; Sri Wahyuni; Syamsuriyanti Syamsuriyanti
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.22694

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran problem based learnning materi listrik kelas VI UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa dalam proses pembelajaran, siswa fokus pada materi pelajaran yang sedang berlangsung, siswa antusias dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, siswa aktif mencatat materi pelajaran dari Guru, siswa aktif bertanya dan menjawab materi yang terkait dengan pembelajaran, dan siswa bekerja sama dengan kelompok.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS Zulfa Hamidatul Mufarida; Silvana Hamid; Qalbi Abd. Aziz; Nuzalia Nuzalia; Syamsuriyanti Syamsuriyanti
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v7i1.22714

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika, hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I dengan persentase 85% meningkat menjadi 92% pada siklus II, dan meningkat menjadi 94% pada siklus III. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa dalam proses pembelajaran, siswa fokus pada materi pelajaran yang sedang berlangsung, siswa antusias dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, siswa aktif mencatat materi pelajaran dari Guru, siswa aktif bertanya dan menjawab materi yang terkait dengan pembelajaran, dan siswa bekerja sama dengan kelompok.

Page 1 of 32 | Total Record : 313